Social Icons

Pages

Rabu, 03 April 2013

10 Sayur Mayur Berwarna Hijau yang Wajib Disantap

Selama ini, sayuran berdaun hijau memang disarankan untuk dimakan sehari-hari. Namun selain sayuran, ada banyak makanan berwarna hijau lainnya yang juga wajib dikonsumsi untuk menjaga kesehatan. Apa saja? Simak selengkapnya seperti yang dilansir dari Huffington Post berikut ini.


KaleKale adalah sayuran berdaun warna hijau
yang kaya akan kalsium, vitamin A, zat besi, serat, dan vitamin K. Khasiatnya di antara lain adalah menguatkan tulang dan menjaga kesehatan aliran darah.

Teh hijauTeh hijau sudah sering disebut sebagai minuman super karena kandungan tinggi antioksidan di dalamnya. Sudah banyak penelitian yang menghubungkan khasiat minum teh hijau dengan menurunnya risiko diabetes, serangan jantung, dan obesitas.

Paprika hijauPaprika merah memang kaya akan vitamin C. Namun ternyata paprika hijau juga sama. Bahkan makanan yang satu ini juga mengandung vitamin A, kalium, dan juga serat.

Kubis BrusselsSayuran hijau yang satu ini termasuk jenis keluarga kembang kol. Bentuknya mirip kubis namun memiliki ukuran yang lebih kecil. Di dalamnya kaya akan asam lemak omega-3, vitamin A, B6, C, dan serat. Khasiat kubis Brussels adalah mencegah penyakit jantung, menyehatkan pencernaan, dan melawan kanker.

EdamameMirip seperti kedelai, namun ukurannya sedikit lebih besar. Edamame ini kaya akan vitamin K, serat, zat besi, dan protein. Edamame bisa dimakan dengan cara direbus terlebih dahulu dan dihidangkan sebagai camilan yang menyehatkan.
KiwiBuah berwarna hijau yang satu ini juga tak kalah menyehatkan dari makanan yang lain. Sebab kiwi mengandung antioksidan tinggi yang berkhasiat menurunkan tekanan darah.

Daun kemangiSiapa sangka, daun kemangi pun termasuk makanan yang wajib dikonsumsi. Herba ini kaya akan serat, kalsium, zinc, zat besi, vitamin A, C, K, dan B6. Daun kemangi juga berperan sebagai agen pelawan rasa cemas dan ampuh menurunkan kadar stres.

ThymeThyme adalah rempah yang sering digunakan sebagai bumbu untuk masakan ala Eropa. Hampir sama seperti daun kemangi, thyme juga kaya akan nutrisi. Sebut saja zat besi, vitamin A, C, E, dan K. Khasiat tyme adalah melindungi memori dalam otak dan melawan bakteri di mulut.

BuncisBuncis adalah sayuran yang menjadi sumber terbaik dari serat dan folat. Buncis juga kaya akan vitamin A, C, dan K. Ibu hamil paling disarankan untuk makan buncis untuk mengurangi risiko bayi lahir cacat.

Minyak zaitunTerakhir, ada minyak zaitun yang ramah jantung karena mampu memberi asupan lemak tak jenuh bagi tubuh. Mengganti minyak biasa menjadi zaitun untuk memasak adalah saran terbaik untuk mendapatkan nutrisi penuh di dalamnya.

Itulah berbagai makanan dan minuman berwarna hijau yang menyehatkan dan wajib konsumsi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar